Memilih Jurusan yang Cocok Sesuai dengan Kepribadianmu

Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi diri kita dalam mementukan jurusan kuliah, baik dari faktor internal maupun eksternal. Jika dilihat dari faktor Internal, yaitu dari cita-cita, minat dan bakat anak tersebut. Sementara itu jika dilihat dari faktor eksternal bisa muncul dari keluarga, teman, tren pekerjaan, nilai sekolah, dll. Kebanyakan untuk anak yang baru lulus Sekolah Menengah Atas cenderung memilih jurusan karena faktor eksternal, entah itu pengaruh dari ikut teman, disuruh orang tua atau melihat peluang kerja saat itu. Namun perlu diketahui, semua itu pada akhirnya akan membuat anak tersebut tidak menjalankan kuliahnya secara maksimal karna lama-kelamaan dia akan bosan atau bahkan yang paling fatal tidak bisa menyelesaikan studi nya. Bagi kawan-kawan SMA/K yang mau lulus pilihlah jurusan kuliah sesuai dengan kepribadian kamu, karena menurut riset jurusan yang sesuai dengan keinginan dan kepribadian kamu berpeluang besar untuk sukses. Ada 4 jenis Kepribadian yang sesuai dengan jurusan yang akan kamu ambil nantinya yaitu :

REALISTIC

Bagi kamu para realistic adalah tipe orang yang tidak suka repot, tidak neko-neko, suka akan hal kebebasan dan hal-hal yang konkrit, sangat cocok untuk masuk jurusan :

  1. Teknik Informatika
  2. Teknik Industri

INVESTIGATIVE

Bagi kamu para investigative adalah tipe orang yang suka berfikir, suka dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, selalu pengen tau, suka mengobservasi dan menganalisa, sangat cocok untuk masuk jurusan :

  1. Sistem Informasi
  2. Akutansi
  3. Sastra Inggris

ARTISTIC

Bagi kamu para Artistic adalah tipe orang yang suka berimajinatif, selalu memiliki ide spontan dan menyukai akan hal-hal kreatif sangat cocok masuk dalam jurusan :

  1. Perhotelan
  2. Sistem Informasi

SOCIAL

Bagi kamu para Social adalah tipe orang yang mempunyai jiwa sosial tinggi, berempati, selalu bersikap sabar, peduli terhadap sesama, dan suka bekerjasama sangat cocok masuk dalam jurusan :

  1. Hukum
  2. Perhotelan
  3. Manajemen

Dalam memilih jurusan kuliah pikirkan secara matang dan ikuti kata hatimu karena itu adalah penentu masa depanmu. Dari semua hal yang sudah saya sebutkan, jangan lupa untuk memprioritaskan masalah biaya juga. Apabila kemampuan biaya yang orang tua kamu miliki tidak sebanding dengan kemauanmu. Maka, perkuliahan kamu bisa menjadi kendala nantinya. Kamu bisa meringankan beban orang tua kamu dalam hal biaya dengan cara mengikuti Beasiswa. Kami akan memberikan kesempatan bagi siswa/siswi lulusan tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti pendaftaran mahasiswa baru Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang jalur beasiswa PMDK khusus untuk kelas PAGI sebagai berikut :

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Pinterest